Informasi teknologi, internet

Mesti Ada Aplikasi Delete Di Internet

Eric Schmidt
Tidak adanya tombol ‘delete’ di internet adalah isu yang signifikan. Kadang penghapusan  adalah hal yang benar.

Kalimat di atas diungkapkan oleh Executive chairman Goolge, Eric Schmidt. Maksudnya adalah, ada hal-hal yang perlu dihapus dari internet jika informasi tersebut sudah tidak relevan lagi.

Bukankah ada ungkapan, sebuah informasi yang beredar di internet akan berada di sana selamanya?

Jikalau informasi tersebut sebatas foto atau tweet yang memalukan dari masa lalu, tentu bukan masalah besar. Tapi bagaimana jika menyangkut masa depan seseorang?

Schmidt mencontohkan seseorang yang melakukan kejahatan saat masih di bawah umur. Hal tersebut memang dihapus dari rekam jejak formal ketika yang bersangkutan tumbuh dewasa, tetapi informasi mengenai kejahatan orang itu bisa jadi tetap beredar di internet dan membuatnya sulit mendapat pekerjaan.

Sikap Schmidt terhadap hal yang berkaitan dengan privasi ini sedikit berbeda dari yang ditunjukannya beberapa tahun lalu. Pada 2009, dia pernah mengatakan, “Jika ada sesuatu hal yang tidak ingin diketahui oleh orang lain, mungkin Anda memang seharusnya tak melakukan itu sejak awal.”

Lalu, ketika itu dia juga menjelaskan bahwa mesin pencari, seperti Google menyimpan informasi di internet dalam jangka waktu yang lama sehingga bisa diberikan pada pihak yang berwenang apabila kelak diperlukan.

Google sendiri belakangan diminta penegak hukum AS untuk turut berpartisipasi mengungkap kejahatan dengan menyediakan produk yang memudahkan pengawasan. Usulan itu mendapat tentangan dari kelompok pendukung privasi dan perusahaan internet karena dianggap “bisa merusak reputasi perusahaan”.

Artikel Lain