Gadget, Kamera, Nikon

Nikon Coolpix A

Nikon Coolpix A
Memang tidak bisa dipungkiri, pasar kamera saku mengalami penurunan karena persaingannya dengan kamera smartphone. Meski begitu, ditilik dari segi jumlah, para penggemar kamera saku masih cukup banyak. Dan kalau dibilang kamera saku akan punah, hmm…rasanya masih jauh.
Di beberapa tahun terakhir, pembuat kamera mulai membuat kamera compact berkualitas untuk menjauhkannya dari kamera ponsel pintar yang makin lama makin bagus.

Sejak satu dua tahun lalu, Fuji telah sukses meluncurkan Fuji X100 dan yang baru X100S. Sony punya RX100 dan RX1, dan Canon meluncurkan Canon G1X tahun lalu.

Hari ini, Nikon akhirnya mengumumkan kamera compact-nya. Dinamakan Nikon Coolpix A. Kamera ini memiliki sensor berjenis DX/APS-C 16MP setara dengan kamera DSLR Nikon seperti Nikon D5100 dan D7000.

Lensanya fix, 28mm berbukaan f/2.8. Kamera ini mampu merekam video berkualitas 1080p (Full HD).

Meskipun ada kesan Nikon memasarkan kamera ini untuk para pemula dan orang-orang yang memakai kamera saku, tapi saya pikir kamera ini akan lebih laris ke penghobi fotografi yang serius karena lensa fix-nya.

Lensa fix cenderung menghasilkan foto yang lebih tajam, tapi kebanyakan orang menyukai kamera dengan lensa zoom. Sebagai tambahan, harganya cukup mahal yaitu sekitar USD 1.099 atau sekitar Rp 10,7 juta.

Dibandingkan dengan Canon G1X dan Sony RX100, Nikon Coolpix A memiliki sensor yang lebih besar (lebih bagus kualitas gambarnya), tapi G1X dan RX100 memiliki lensa zoom, dan lebih murah beberapa ratus Dollar AS.

Dibandingkan dengan Fuji X100S, Nikon Coolpix A memiliki sensor dengan ukuran yang sama, tapi teknologi X-Trans Fuji sedikit di atas angin. Fuji X100S lebih mahal (USD 1.299) tapi sudah memiliki jendela bidik hybrid (optikal dan elektronik). Badan kamera juga lebih kokoh dan berdesain retro.

Sedangkan jika dibandingkan dengan Sony RX1, Nikon Coolpix A memiliki ukuran sensor yang lebih kecil, lensa yang lebih lebar dan sekitar 17 juta lebih murah.

Jadi akankah Nikon Coolpix A ini merajai pasar? Untuk saya pribadi, lensa 28mm f/2.8 cukup menarik, sangat tajam dan kombinasinya dengan sensor DX mampu membuat daerah yang tidak fokus terlihat lembut. Tapi harga yang tinggi dan kapasitas baterai yang cepat habis (hanya 230 jepret per charge) mungkin akan menghambat saya untuk mendapatkannya.

Direkomendasikan untuk fotografi jalan-jalan. Tidak direkomendasikan untuk fotografi olahraga dan satwa liar.

Spesifikasi Nikon Coolpix A:

– 16 MP sensor APS-C size

– Lensa 28mm f/2.8

– Layar LCD 3″, 921k titik

– Foto berturut-turut 4 foto per detik

– Merekam video Full HD 1080p

– Badan dari alumunium dengan magnesium di bagian atasnya

– Tersedia Maret akhir 2013

Harga 

USD 1.099 atau sekitar Rp 10,7 juta.

Artikel Lain