komputer, PC

SharePoint: Kegunaan Dan Cara Instalasi

SharePoint: Kegunaan Dan Cara Instalasi

Apa itu SharePoint? Sederhananya, SharePoint adalah platform untuk berbagi informasi dan berkolaborasi, berbagi dokumen, menjalankan alur kerja atau workflow dan menjalankan bisnis proses manajemen.

Belakangan ini, kepopuleran mulai meningkat tajam. Tercatat, SharePoint sudah menjadi tulang punggung sistem TI dibeberapa perusahaan besar. Angka penjualan salah satu produk microsoft ini terus menunjukkan kenaikan, meskipun belum mengungguli Microsoft Office, sang produk andalan. Namun saat ini SharePoint sudah masuk menjadi produk unggulan Microsoft, selain keluarga sistem operasi (SO) dan keluarga Office.

Meski begitu, di Indonesia, belum banyak anak muda yang mengenal produk SharePoint. Penjelasan sederhana di atas apakah sudah cukup untuk menggambarkan SharePoint? Kalau belum, Anda simak ilustrasi di bawah:

Share point bisa diimajinasikan seperti ini: Kamu adalah karyawan sebuah perusahaan yang mengimplementasikan SharePoint. Suatu saat, kamu akan mengajukan cuti. Cuti diajukan kepada atasan kamu dengan mempertimbangkan sisa cuti. Data sisa cuti diperoleh dari departemen sumber daya manusia (SDM).

Cara manual yang biasa dilakukan adalah kamu menulis form cuti kemudian meminta data sisa cuti dari departemen SDM. Selanjutnya form tersebut dibawa ke atasan kamu untuk meminta persetujuan.

Kalau pakai SharePoint, kamu cukup akses portal SharePoint yang berbasis web dan buka pengisian form. Saat form dikirim, akan ada workflow yang akan bekerja. Workflow bisa mengirim email ke departemen SDM dan langsung bisa minta persetujuan yang pihak SDM dengan melampirkan sisa cuti. Data sisa cuti bisa diperoleh dari sistem lain. Misal dari aplikasi SDM yang dibuat tim TI atau aplikasi dari produk terkenal seperti SAP, JDE dan lain-lain.

Jika departemen SDM menyetujui, workflow langsung mengirimkan e-mail kepada atasan kamu. Kamu bisa tahu cuti disetujui atau ditolak melalui SharePoint atau e-mail.

Sudah bisa dipahami? Selain untuk model cuti, SharePoint bisa dipakai untuk pengelolaan file dokumen. Misal file-file MS Office atau yang lain. Mirip-mirip seperti file sharing namun sudah diberi tambahan fitur yang lebih powerfull. Misal ada sistem signature, hak akses, version dan approval.

Semoga sudah ada gambaran. Baiklah kita mulai saja persiapan untuk melakukan instalasi SharePoint.

Persiapan yang mesti ada adalah:

1. Mesin untuk Domain Controller. Sebaiknya diinstall Windows Server 2012.

2. Mesin untuk database MS SQL Server. Dalam kondisi join domain.

3. Mesin yang sudah terinstall Windows Server 2012 untuk tempat SharePoint. Sebaiknya dalam kondisi join domain dan terkoneksi ke internet.

Kenapa begitu banyak yang mesti disiapkan? Karena SharePoint adalah platform. Maka diperlukan beberapa mesin agar kinerja SharePoint berjalan maksimal.

Jika semua mesin sudah siap, unduh SharePoint dari situs http://technet.microsoft.com/en-us/evalcenter/hh973397.aspx. Kemudian lakukan instalasi pada mesin yang sudah disiapkan.

Pastikan mesin domain controller dan MS SQL Server sudah siap. Berikut adalah langkah-langkah instalasi SharePoint:

1. Instalasi aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk mendukung SharePoint. Dibutuhkan koneks internet untuk mengunduh file-file tersebut.

Cara Instal SharePoint
2. Tunggulah dengan sabar sampai terinstall semua dengan benar. 
Cara Instal SharePoint
3. Setelah semua sudah terpenuhi, baru lakukan instalasi SharePoint. Masukan Serial Number dan setujui Agreement yang ada.

Cara Instal SharePoint

4. Pilihlah dimana file-file SharePoint akan diletakkan. 

Cara Instal SharePoint

5. Kamu tunggu lagi sampai proses instalasi selesai. Lanjutkan dengan mencentang Run the SharePoint Product Configuration Wizard now. 

Cara Instal SharePoint

6. Muncul Wizard dan klik saja Next

Cara Instal SharePoint

7. SharePoint akan melakukan restart pada beberapa service, seperti Internet Information Services. Kemudian akan muncul layar pembentukan awal sebuah farm SharePoint. Pilih create a new farm.

Cara Instal SharePoint

8. Atur konfigurasi database. 

Cara Instal SharePoint

9. Lakukan pengaturan passphrase, konfigurasi untuk system central admin dan lain-lain. Kira-kira hasilnya seperti dibawah ini: 

Cara Instal SharePoint

10. Klik next dan tunggu sampai proses selesai. 

Cara Instal SharePoint

11. SharePoint sudah terinstall dengan baik. 

Cara Instal SharePoint

Langkah selanjutnya, kamu tinggal melakukan konfigurasi situs SharePoint.

Pada dasarnya, proses instalasi SharePoint akan membuat System Central Administration dan Site Collection. System Central Administration merupakan portal tempat mengatur dan mengkonfigurasi SharePoint kamu. Sedangkan Site Collection adalah tempat kamu bekerja dan berkolaborasi didalam SharePoint.

Demikian penjelasan singkat tentang instalasi SharePoint. Semoga bermanfaat.

Artikel Lain