Gadget, Hand Phone, OPPO

Spesifikasi Dan Harga OPPO N1

Meskipun OPPO termasuk pemain baru di dunia smartphone Indonesia, namun berhasil menarik perhatian para pecinta gadget. Baru-baru ini OPPO merilis produk terbarunya, yang disebut dengan N1, setelah sebelumnya mengeluarkan produk Find 5.

Beberapa keunikan produk N1 ini adalah kamera putar, remote serba guna dan punggung yang bisa diusap. Berikut kami sajikan lengkap spesifikasi unggulan OPPO N1.

OPPO N1

Dengan ukuran layar 5,9 inch, N1 tentunya akan bersaing dengan produk Samsung Galaxy Note 3 dan HTC One Max.

Dengan ukurannya yang relatif bongsor tersebut, N1 jelas tidak bisa pas di tangan setiap orang. Selain untuk mengambil foto atau membaca e-magazine, N1 masih bisa dioperasikan dengan satu tangan. Tetapi, saat dipakai untuk mengetik, mesti dua tangan supaya nyaman.

 

Dengan balutan konstruksi unibodi. N1 memiliki ketebalan 9 mm, masih sedikit lebih tebal dibanding Samsung Galaxy Note 3. Namun N1 mempunyai keunggulan kapasitas baterai yang lebih besar.

Pada bagian belakang, N1 dilapisi polycarbonate berwarna putih yang membuatnya tidak licin dan bebas dari bekas jari. Untuk layar, OPPO menggunakan lapisan anti gores Gorilla Glass.

Untuk tombol seperti power/lock dan volume (yang juga bisa berfungsi untuk mengambil foto) diletakkan pada sisi kanan. Sementara di bawah layar terdapat tiga tombol sentuh Home, Back, dan Menu. Port micro USB, speaker dan headphone jack terletak di bagian bawah, sedangkan slot sim card ada di sisi kiri.

Layar Dan Speaker

Layar OPPO N1 memiliki resolusi 1920×1080 full HD. Dengan kerapatan pixel mencapai 377 ppi, reproduksi warna dan tingkat kecerahan pada layar N1 berada pada jajaran yang kurang-lebih setara dengan Samsung Galaxy Note 3.

Barisan icon-icon pada app drawer terlihat begitu baik dan halus. Detail-detail pada saat menonton video definisi tinggi juga tampil dengan sangat prima.

Viewing angle pada layar N1 juga berada pada level yang tinggi. Meski layar dilihat dari berbagai sudut yang berbeda, kualitas reproduksi warna tidak berubah dan tetap terlihat sangat baik.

Performa layar juga tidak menurun saat berhadapan dengan sinar matahari ketika digunakan di luar ruangan.

Untuk speaker, N1 didukung oleh teknologi Dolby sehingga suara yang dihasilkan lebih bertenaga dan tidak pecah meskipun pada volume maksimal.

Daya Tahan Baterai

OPPO N1 dilengkapi chipset Snapdragon 600 1.7 GHz dan RAM 2GB. Dalam pengujian menggunakan aplikasi benchmark seperti Antutu, Quadrant, Vellamo dan 3D Mark, flagship dari OPPO ini mendapatkan nilai yang cukup baik seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Baterai yang digunakan N1 memiliki kapasitas lumayan besar yaitu 3.610 mAh. Setelah kami uji, N1 bisa bertahan selama  41 jam hanya untuk memutar musik secara non-stop dari saat baterai masih full 100%. Sedangkan untuk penggunaan sehari-hari seperti chatting, update social media, mengambil foto dan bermain game, phablet yang satu ini mampu bertahan 16-18 jam. Mantap, bukan?

Kamera


Keunggulan utama lainnya OPPO N1 ini adalah kamera utama yang bisa diputar dan berfungsi sebagai kamera depan. Dengan sudut putaran mencapai 206 derajat, kamera bersensor 13 MP dan aperture f/2.0 ini mampu memberikan pengalaman yang berbeda dalam mengambil gambar lewat perangkat mobile.

Kualitas foto yang dihasilkan kamera yang memiliki enam lapisan optik ini terbilang bagus dengan detail yang terjaga meski di-zoom hingga titik maksimal, meskipun akurasi warna sedikit kurang karena cenderung menjadi terlalu soft.

Dalam kondisi cahaya yang memadai, performa kamera pada N1 tergolong baik dan mampu memenuhi harapan pasar. Untuk urusan low light, bukaan f/2.0 terbukti mampu menangkap cahaya lebih banyak untuk mendapat hasil foto lebih terang, sayangnya jumlah noise yang hadir cukup mengganggu.


Sayangnya, meski dilengkapi dengan fitur inovatif dan lensa yang bagus, pilihan modus serta pengaturan pada kamera terbilang minim.

Modus pengambilan gambar pada kamera N1 hanya meliputi Normal, HDR, Panorama, Beautify, Slow Shutter, serta multi shot yang bisa diaktifkan dengan menekan dan menahan tombol shutter pada view finder, yang didukung dengan enam pilihan scene yang bisa disesuaikan dengan kondisi disekitar objek foto. Soal pengaturan kamera, pengguna hanya dapat mengubah resolusi gambar dan mengatur timer.

Tidak ada pilihan untuk mengatur ISO, White Balance, Metering, atau Fokus secara manual. Ini jelas merupakan poin minus tersendiri bagi N1 dibanding kamera smartphone/ phablet lainnya, terlebih untuk perangkat yang ditujukan untuk kelas premium.

Untuk video, kamera N1 dapat merekam sampai dengan resolusi full HD 1080p/ 30 fps dengan kualitas yang baik. Microphone yang ada juga punya kualitas yang baik, sehingga suara akan terekam dengan jelas saat merekam video.

Berikut adalah beberapa hasil foto menggunakan OPPO N1:

Android Ala OPPO

Sistem operasi yang berjalan pada N1 disebut Color OS. Label OS pada Color OS bisa dikira flagship dari OPPO ini menggunakan sistem operasi sendiri. Tetapi sebenarnya N1 masih berjalan pada sistem operasi Android Jelly Bean 4.2.2. yang telah mengalami beberapa modifikasi dari segi fitur dan tampilan. Mungkin sebutan Color UI lebih pas untuk menggambarkan apa yang OPPO lakukan pada sistem operasi yang ada ketimbang melabelinya dengan Color OS.

Kustomisasi pada N1 terbilang kaya akan pilihan. Widget, lock screen, theme, dan wallpaper dapat diganti sesuai keinginan pengguna. Tidak puas dengan pilihan yang terinstall secara default? Download saja.

Seperti pada smartphone OPPO sebelumnya, N1 juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh berbagai macam pilihan kustomisasi untuk membuat perangkat terasa lebih personal.

Gestur dan sentuhan pada layar juga merupakan hal lain yang coba ditonjolkan dari Color OS. Dengan melakukan swipe ke bawah dari bagian kiri atas layar, maka sebuah Gesture Panel akan muncul. Pada panel ini, pengguna bisa menggambar gesture yang diinginkan untuk membuka sebuah aplikasi.

Tulis ‘O’ pada layar saat dalam keadaan idle akan membuka aplikasi kamera, kemudian ‘V’ yang akan mengaktifkan fitur senter. Fungsi ini juga masih bisa diubah sesuai dengan keinginan pengguna.

Gestur lain yang bisa diakses pada N1 antara lain fitur Double Tap untuk menyalakan layar yang dalam kondisi mati, swipe dengan tiga jari dari atas dan bawah layar untuk screenshot, dan swipe menggunakan dua jari pada layar untuk menaik-turunkan volume musik atau video.

O-Touch dan O-Click merupakan dua inovasi yang ditawarkan OPPO lewat flagship mereka ini.

O-Touch adalah panel sentuh seluas 3 x 4 cm yang terletak di bagian belakan dari N1. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa menggeser layar dengan cara mengelus secara vertical atau horizontal pada panel yang ada. Selain untuk melakukan navigasi pada layar, O-Touch juga bisa difungsikan untuk mengambil foto.

Meski inovatif, tapi sepengalaman detikINET menggunakan N1, performa fitur O-Touch terbilang tidak konsisten. Kadang bisa beroperasi dengan baik, bisa juga terlalu sensitif atau bahkan tidak responsif sama sekali.

Selain panel sentuh, N1 juga melengkapi dirinya dengan sebuah remote kecil yang disebut dengan O-Click.

Dengan adanya perangkat yang terhubung lewat teknologi BLE (Bluetooh Low Energy) ini, pengguna bisa mengambil foto dengan hanya menekan O-Click. Sesuatu yang berguna bagi mereka yang ingin foto-foto tapi tidak ada orang yang bisa diminta tolong untuk mengambil gambar.
Selain berfungsi untuk remote, O-Click juga berfungsi untuk membantu membunyikan N1 jika terselip dalam radius sampai dengan 15 meter.
Kesimpulan

Tak semua pengguna Android memang suka dengan ponsel berukuran besar, terlebih lagi untuk kaum perempuan atau siapa pun yang punya ukuran tangan kecil.

Tapi dengan layarnya yang besar, pengalaman menikmati berbagai konten multimedia akan semakin asyik. Ditambah lagi OPPO N1 punya speaker yang didukung teknologi Dolby untuk yang semakin menggelegar.

Dilihat dari spesifikasi OPPO N1 memang masih kalah dibanding phablet lainnya, sebut saja Samsung Galaxy Note 3 yang berada satu tingkat di atas. Meski begitu, Oppo berhasil menutupi kekurangan tersebut dengan inovasi yang bagus, khususnya pada sektor kamera yang dapat diputar.

Kehadiran O-Click juga menjadi sesuatu yang membedakan N1 dengan perangkat lainnya dan tentunya memberi nilai plus tersendiri.

Jika INETers merupakan pengguna yang mengedepankan aspek multimedia atau suka foto-foto selfie, maka Oppo N1 merupakan salah satu gadget yang patut dipertimbangkan.

Harga OPPO N1 saat ini dipatok Rp 6,99 juta.

Kelebihan dan kekurangan Oppo N1:

Kelebihan:
+ Kamera unik yang bisa diputar
+ Banyak fitur asyik melalui sentuhan
+ Kualitas layar dan suara yang menarik
+ Aksesoris remote yang fungsional
Kekurangan:

– Ukuran besar yang tidak bersahabat dengan wanita
– Opsi kamera sangat minim
Sumber: Detik

Artikel Lain