Informasi teknologi

Nonton Youtube Gak Pake Internet? Bisa!

Nonton Youtube Tanpa Internet
Nonton Youtube Tanpa Internet

Lagi enak-enaknya nonton video di Youtube, tiba-tiba koneksi memburuk. Tentu sangat mengesalkan sekali, bukan? Tapi tenang saja, sekarang sudah ada solusinya. Sekarang Google meluncurkan fitur ‘offline’ Youtube. Fitur ini memungkinkan pengguna app Youtube pada smartphone atau tablet Android menonton video tanpa harus tersambung ke internet. Yap, itu artinya nonton Youtube gak pake internet!

Menurut blog resmi Google untuk Asia Pasifik, untuk sementara fitur ini baru tersedia bagi pengguna di India, Indonesia dan Filipina. (Baca: 11 Juta Rupiah Untuk Per Lembar Saham Google)

Pada video yang dilengkapi fitur tersebut, pengguna bisa memilih untuk memasukkannya ke daftar tontonan offline dengan menyentuh ikon offline. Begitu tidak tersambung dengan internet, video bisa ditonton secara offline hingga 48 jam setelah dipilih.

Google secara spesifik memilih India, Indonesia dan Filipina, karena pentingnya mobile internet di ketiga negara tersebut, sedikitnya pengguna smartphone yang memiliki paket surfing internet dalam jumlah besar, belum lagi buruknya kualitas sambungan internet.

Pada blog resminya, Google menulis: “Asia telah membuktikan diri sebagai pengguna utama smartphone di dunia. Tetapi akses internet yang cepat dan harga yang terjangkau tetap menjadi tantangan besar. Karena itu, kami berupaya mencari jalan keluar agar internet yang cepat dan jumlah data besar tidak diperlukan saat menggunakan produk kami di lokasi yang tidak memungkinkannya.”

Artikel Lain