Informasi teknologi, internet

Optimalisasi Data Center dengan Layanan Colocation

Jasa colocation Indonesia berkembang dalam konteks bisnis yang terus menerus berlangsung dalam putaran modal yang dinamis khususnya di ibukota. Colocation server digunakan dalam data center atau pusat data yang dibangun dari infrastruktur dan spesifikasi sesuai standar. Optimalisasi data center pun semakin terwujud dengan adanya colocation server.

Awalnya banyak pihak yang berasumsi bahwa penggunaan server ini cuma terbatas di perusahaan hosting. Namun seiring perkembangan jaman, apalagi dipengaruhi oleh faktor kemajuan teknologi informasi, kian banyak perusahaan yang membutuhkan server tersebut untuk operasional pusat data. Tujuan utamanya ialah memaksimalkan operasional perusahaan sekaligus mengantisipasi berbagai kendala teknis atau kerusakan akibat bencana.

Nah, pemasangan server ini adalah tugas dari para staff teknologi informasi atau perusahaan data center yang bekerja sama dengan institusi atau perusahaan yang membutuhkannya. Selain penyediaan ruang untuk data server, para staff tekonologi informasi yang menanganinya pun menyediakan jasa pengelolaan supaya penggunannya jadi lebih taktis dan efisien.

Modal yang dibutuhkan memang tak sedikit, namun akan sangat sebanding pada hasil operasional perusahaan yang menggunakan colocation server. Selain itu, pemakaiannya sebenarnya akan sangat menghemat anggaran operasional serta investasinya di tengah-tengah persaingan bisnis yang kian ketat karena masing-masing menggunakan teknologi informasi dan jaringannya. Oleh sebab itu, jasa colocation Indonesia sekarang ini kian marak dan menjadi salah satu prioritas utama bagi perusahaan-perusahaan besar atau menengah. Bukan semata-mata karena didasarkan pada aspek formalitas untuk pembentukan sebuah perusahaan profesional.

Sebelum menggulirkan rencana penggunaan colocation server untuk data center di sebuah perusahaan, diwajibkan untuk memenuhi sejumlah standar atau kriteria. Kriteria atau standar tersebut dilandaskan pada sertifikasi internasional. Apa saja yang masuk dalam kriteria atau standar pembuatan jaringan colocation dalam data center ini? Masing-masing adalah sebagai berikut:

  • Sistem keamanan. Perlindungan keamanan ini berlangsung selama 24 jam tanpa henti. Teknisnya menggunakan kamera CCTV dan biometrik. Instalasinya pun wajib ditempatkan pada sejumlah titik penting yang rawan serta diimbangi oleh kualitas perangkat.
  • Sistem pencegah kebakaran. Selalu ada risiko dalam ruangan yang diisi oleh banyak kabel dan perangkat. Oleh karena itu, sistem perlindungan dari risiko kebakaran pun wajib diterapkan.
  • Daya listrik cadangan. Kalau sewaktu-waktu ada masalah sumber daya atau diakibatkan oleh bencana, operasional tetap berjalan.
  • Pengaturan suhu ruangan. Tujuannya menjaga kualitas perangkat dan meminimalisir risiko kerusakan.
  • Jaringan stabil. Supaya kinerja lebih taktis dan tidak ribet untuk pemilihan koneksi jaringan.
  • Pemantauan aktif. Sistem yang terus menerus dipantau dan adanya laporan terkini dari hasil pemantauan tersebut.

Dengan penggunaan colocation server di pusat data perusahaan, operasionalnya terjamin akan lebih optimal. Kebutuhan ini semakin penting seiring dengan operasional bisnis dan jaringan yang semakin kompleks.

 

Artikel Lain