Ciri-ciri Gejala Kerusakan Komponen Komputer dan Motherboard Laptop

Melakukan berbagai pekerjaan dengan lebih mudah mengandalkan laptop. Tak hanya untuk pegawai kantoran saja, melainkan pelajar sekarang ini juga mutlak membutuhkannya. Mengingat perannya sangat penting didalam mempermudah proses belajar dan juga mengajar. Bahkan untuk tugas dan sejenisnya bisa dengan mudah dikirimkan melalui internet. Tentunya Anda tetap wajib membutuhkan perangkat yang satu ini. Umumnya penggunaan dalam jangka waktu yang lama juga tak memungkiri bahwa laptop akan mudah mengalami kerusakan, apalagi untuk Anda dengan kebiasaan yang tak sehat dalam memakainya. Kebanyakan terjadi pada baterai, jika sudah semacam ini maka perangkat motherboard Anda yang akan terkena imbasnya. Namun jangan khawatir karena mudah temukan tempat jual motherboard laptop.

Berbicara mengenai perangkat motherboard ia memang memiliki fungsi yang sangat penting, khususnya digunakan sebagai penempatan beberapa komponen penting yang dibutuhkan laptop untuk bisa hidup. Sehingga jika nantinya ia bermasalah maka harus segera Anda ganti dengan yang baru, mengingat semakin lama dibiarkan membuat kinerja dari perangkat Anda kian turun hingga akhirnya rusak semua. Kalau sudah begitu sudah pasti perlu beli laptop yang baru, harganya tentu jauh lebih mahal.

Sebenarnya tempat jual motherboard laptop ini ada sangat banyak di pasaran, hanya lebih pintar juga dalam memilih agar dapatkan kualitas terbaik dengan harga yang lebih murah. Untuk Anda yang masih awam terhadap laptop maka berikut ini ada beberapa ciri yang mengindikasikan bahwa perangkat motherboard yang mengalami kerusakan, diantaranya adalah:

  1. Komputer atau laptop sering kali mengeluarkan panas yang berlebihan, bahkan ketika ia baru saja dinyalakan. Ada beberapa indikasi memang gejala ini, bisa jadi overhead karena kerusakan pada bagian kipas yang ada di dalamnya atau bagian motherboard yang ada di sekitar IC PSU. Sehingga menyebabkan beberapa chipset dan komponen mengalami panas yang berlebihan, bahkan untuk penggunaan di 5 menit pertama. Untuk kerusakan pada bagian kipas sendiri ditandai dengan suara berisik dan tiba-tiba mati.
  2. Masalah pada BIOS, hal yang paling umum lainnya berkaitan dengan kerusakan motherboard ini adalah BIOS, biasanya ditandai tak mau masuk pada aplikasi BIOS ini hingga komputer atau laptop memang menyala namun tak muncul menu BIOS tersebut, sudah dipastikan bahwa bagian yang mengalami kerusakan adalah motherboard.
  3. Kipas processor tak beroperasi, masalah lainnya kurang lebih sama dengan yang pertama, yaitu salah satu komponen, utamanya adalah kipas tak beroperasi dengan baik, sehingga komputer mengalami overhead dan mati secara mendadak. Nantinya bisa dinyalakan kembali namun hanya bertahan selama beberapa saat saja, hingga kemudian ia akan mati kembali jika sudah panas.
  4. Komputer atau laptop ketika dinyalakan akan memunculkan bunyi bip berkali-kali, bunyinya sangat berisik dan tak hilang. Tak hanya masalah motherboard biasanya kerusakan lain dengan gejala tersebut ada di bagian RAM atau harddisk Anda. Untuk mengenalnya lebih dalam segera bawa untuk diperiksa yang ahli.
  5. Sering mati sendiri, masalah lain yang tentunya sudah sangat sering Anda alami adalah restart atau mati secara mendadak. Hanya dalam beberapa waktu pemakaian, gejala kerusakan memang bisa dirasakan dari hal yang satu ini.

Jika sudah semacam ini patut mengganti dengan yang baru, jangan biarkan terlalu lama agar kerusakan tak bertambah para banyak tempat jual laptop asus yang dapat Anda datangi. Biasanya langsung satu paket dengan perbaikannya.

 

Tags: #ASUS

Must read×

Top