Kisah Eks Programmer Facebook yang Menyesal dan Tidak Menggunakan FB Lagi

Justin Rosenstein dulunya bekerja di Facebook sebelum akhirnya hengkang dari perusahaan milik Mark Zuckerberg itu tahun 2009. Salah satu karya Justin di Facebook adalah tombol Like yang masih digunakan sampai sekarang. Namun akhir-ahir ini pria berusia 34 tahun itu mengaku telah menghapus aplikasi jejaring sosial terbesar dunia itu dari ponselnya.

Justin menciptakan tombol like Facebook pada tahun 2007. Kini, Justin mengaku khawatir akan dampak psikologis penggunaan jejaring sosial semacam Facebook.

Baca: Akhirnya Mark Zuckerberg Minta Maaf karena Facebook Dijadikan Tempat Penyebaran Hoax dan Dianggap Memecah Kerukunan

Bahkan, di iPhone baru miliknya pun dipasang fitur sehingga Justin tak bisa sama sekali download aplikasi.
Hal itu dimaksudkan untuk meminimalisir penggunaan aplikasi.

“Sangat umum bagi manusia untuk menciptakan sesuatu dengan niat baik tapi malah punya konsekuensi negatif,” ujar Justin.

Justin mengaku tidak ingin kecanduan internet atau media sosial yang menurutnya memiliki dampak negatif. Misalnya bikin depresi atau memecah konsentrasi.

Belum lagi penyebaran kabar hoax yang marak di dunia maya belakangan ini.

“Semua orang terpecah konsentrasinya. Sepanjang waktu,” ujarnya dikutip dari Guardian, Sabtu (7/10/2017).

Tidak hanya Justin, rekan setimnya yang membuat tombol Like yaitu Leah Parlman menyebut mengurangi pemakaian Facebook. Dia menyewa seseorang untuk mengurus Facebook-nya sehingga tak perlu dia yang mengoperasikannya.

Baca juga: Mengintip Industri Jasa ‘Like’ Palsu Media Sosial

 

Tags: #facebook #Justin Rosenstein

Must read×

Top