Internet 5G Dari Samsung

samsung

Samsung sedang melakukan pengembangan baru koneksi data (internet) nirkabel. Namun teknologi  baru tersebut baru bisa dinikmati masyarakat pada tahun 2020. Teknologi baru itu merupakan generasi kelima (5G) yang diklaim akan mencapai kecepatan 1 gigabit per detik (Gbps) dalam mengunduh, dapat melakukan transmisi data “ratusan kali lebih cepat” dari koneksi 4G LTE saat ini.

Jika nanti 5G dikomersialkan, maka pengguna dapat menggunakannya untuk mengirim file dengan konsumsi data yang besar, termasuk film ultra high definitions (UHD). “Ini praktis tanpa batasan,” tulis pihak Samsung.

Dalam teknologi ini, Samsung mengklaim telah menemukan cara untuk membuat penggunaan gelombang milimeter (millimetre-wave) pada spektrum frekuensi radio. Selama ini, penggunaan bandgelombang milimeter untuk internet nirkabel terbilang minim karena rentang pita yang terbatas.

Secara khusus, perusahaan Korea Selatan ini memadukan berbagai teknologi transceiver yang menggunakan 64 antena radio untuk menguatkan sinyal dan meningkatkan jangkauan. Dengan demikian, kecepatan koneksi yang diraih bisa mencapai 1.056 Gbps dalam jarak hingga 2 km.

“Band gelombang milimeter adalah solusi paling efektif untuk lonjakan terbaru dalam penggunaan internet nirkabel,” kata Chang Yeong Kim, Vice President and Head of Digital Medial and Communication Research and Development Samsung, seperti dikutip dari TechCrunch, Senin (13/5/2013).

Samsung bukanlah satu-satunya perusahaan yang mengembangkan teknologi 5G. Februari 2013 lalu, operator seluler NTT DoCoMo asal Jepang berhasil melakukan uji coba koneksi internet nirkabel dengan kecepatan mencapai 10 Gbps.

Must read×

Top