Mengendalikan Handphone Dengan Gerakan Tubuh

apple

Beberapa waktu lalu Smartphone Galaxy S4 Samsung membuat terobosan teknologi baru dengan memunculkan aplikasi yang mampu mengendalikan handphone melalui gerakan tubuh tertentu.

Nah, agaknya Apple juga ada tanda-tanda ketertarikan mengimplementasikan hal yang sama gadget mobile produksinya. Seperti dikutip dari 9to5mac, fitur pengendalian dengan gerakan kepala ditambahkan ke versi beta terbaru dari sistem operasi mobile iOS 7 yang dirilis Senin (24/6/2013) lalu.

Dengan fitur ini, pengguna bisa menggelengkan kepala ke kiri dan kanan untuk melakukan hal-hal seperti kembali ke home screen, memilih aplikasi, dan mengatur volume suara.

Fungsionalitas tersebut disinyalir merupakan opsi accessibility yang bisa dihidupkan atau dimatikan. Opsi accessibility biasanya diperuntukkan bagi pengguna yang memiliki masalah pendengaran, pengelihatan, atau kendala fisik lainnya. Pilihan untuk memodifikasi fitur yang bersangkutan sesuai selera juga disediakan.

9to5mac melaporkan bahwa fitur input dengan gerakan kepala ini masih butuh banyak perbaikan. Masih belum jelas pula apabila Apple benar-benar berniat menyematkan kapabillitas tersebut pada iOS 7 versi final.

iOS7 sendiri merupakan sistem operasi mobile terbaru dari Apple yang kehadirannya diumumkan pada konferensi WWDC 2013 awal Juni lalu. Sistem operasi ini membawa perubahan besar dibanding pendahulunya, mencakup tampilan icon, penambahan Control Center, jendela khusus multi-tasking, update otomatis, hingga fitur-fitur kamera baru.

Inilah screenshot gesture control pada iOS7 Beta.

gesture control pada iOS7 Beta

Must read×

Top