Spesifikasi Dan Harga Sony Playstation 4

Playstation 4 (PS4) akan dilempar ke pasaran dengan harga jual 399 dolar AS atau sekitar 3.9 juta rupiah ( terpaut 100 dollar AS lebih rendah dibanding konsol game Xbox One dari Microsoft yang dibanderol 499 dollar AS). Hal itu diumumkan pihak Sony dalam ajang Electronic Entertainment Expo 2013 yang berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat. Dalam acara itu juga dipamerkan bentuk fisik playstation generasi terbaru tersebut.

PlayStation 4 akan mulai tersedia pada “musim liburan” tahun 2013. Bisa dipastikan PS4 akan bersaing keras dengan Xbox One dalam menarik minat pembeli tahun ini.

Spesifikasi

Spesifikasi dalam pada Playstation 4 digambarkan sebagai “arsitektur PC supercharged. Konsol PS4 diperkuat prosesor AMD dengan delapan core “Jaguar” dan pemroses grafis Radeon, dipadu RAM GDDR5 sebesar 8 GB. Mesin game ini turut dilengkapi drive Blu-ray berkecepatan 6x dan hard disk internal.

PS4 dilengkapi juga dengan dengan controller canggih Dual-Shock 4 yang dibekali sejumlah fitur baru, seperti touchpad, speaker internal, dan motion detection.

Berikut spesifikasi lengkapnya:

– CPU : 4 core (2 core pairs) 3.2 GHz AMD x86 (Steamroller), Aggregate 10x PS3 PPU, Performance 512 KByte L2 per core pair 64 bit pointers
 

– GPU : AMD R10x series GPU @ 800 MHz (Tahiti) Aggregate 10x RSX performance, 1.84 TFlops DX-11.5, Cheap branching 18 compute units, focus on fine grained compute & tessellation
 
– MEMORY : 2 GByte UMA, pushing for 4 GByte, 192 GByte/ sec non-coherent access for e.g. GPU, 12 GByte/ sec coherent access for CPU, 50% longer memory latency for CPU/ GPU compared to PC !!! DXT is lowest bpp texture compression format

– MEDIA : 50 GByte BD drive PCAV, between 3.3 and 8x BD, most likely clamped to 6x Automatic background caching to HDD, HDD SKU with at least 380 GByteDownloadable games
EXTRA HARDWARE : Video encoder/ decoder, Audio processing unit, ~200 concurrent MP3 streams, HW zlib decompressor.

Kartu grafis onboard yang terintegrasi dengan A8-3850 adalah HD 6550D sehingga mampu menjalankan game dengan resolusi rendah tanpa bantuan GPU terpisah. Saat digabungkan dengan HD 7670, Sony bisa melakukan konfigurasi dari CrossFire untuk berbagi proses memuat grafik secara realtime. Pada Orbis ini, Anda dapat menginstall software komputer atau sistem operasi seperti Windows atau modifikasi lain seperti ketika PlayStation 3 diinstal sistem operasi Linux.

Yang menarik lagi adalah, nantinya Playstation 4 juga akan dikapalkan ke seluruh dunia bersamaan dengan Playstation Eye terbaru. Playstation 4 eye terbaru itu dilengkapi fitur yang disebut Spectating. Fitur apa itu? Spectating adalah fitur yang memungkinkan pengguna menonton gamer  lain yang sedang bermain diluar sana. Sama fungsinya dengan Skype, kita bisa bermain sambil melihat teman kita yang bermain baik diluar negeri maupun di dalam negeri. Fitur tersebut juga dapat memungkinkan seseorang merekam game yang sedang dimainkan, lalu meng-upload-nya dengan cepat dan mudah. Jadi jika pemain ingin berbagi tips atau walkthrough dengan temannya, tidak perlu repot merekam dengan Handycam. PS4 sudah menyediakan fitur tersebut. Mantap, bukan?

Must read×

Top