Menghitung Hari Kemunculan BBM Di Android dan iPhone

Pembatalan peluncuran aplikasi Blacberry Messenger (BBM) di perangkat Android dan iPhone pada September lalu bukan berarti pihak Blacberry mengurungkan niatnya. Justru Chief Marketing Officer Frank Boulben mengungkapkan pada Reuters, Senin (14/10/2013), bahwa aplikasi BBM lintas platform akan segera diadakan dalam waktu dekat ini. “dalam beberapa hari lagi,” tegasnya. Namun sayang, ia tak menyebut tanggal pasti peluncurannya.

BlackBerry mengklaim telah menyelesaikan masalah kelebihan kapasitas server yang disebabkan oleh aplikasi BBM untuk Android yang masih dalam tahap uji coba. Aplikasi yang belum final itu dipasang oleh 1,1 juta pengguna Android, dan ternyata memakan banyak traffic data di server BBM.

Sebelumnya, BlackBerry menjanjikan kedatangan BBM untuk Android pada 21 September, tetapi hingga kini aplikasi tersebut tak kunjung dirilis. Sementara untuk iPhone, aplikasi BBM sempat muncul pada 21 September di Apple App Store, tetapi ditarik kembali pada 22 September 2013. Penundaan ini disebut BlackBerry karena munculnya aplikasi BBM tak resmi untuk Android yang mengakibatkan gangguan teknis di server.

Saat ini, aplikasi BBM untuk Android tengah diuji coba kembali oleh beberapa pengguna yang diundang secara khusus oleh BlackBerry. Aplikasi BBM versi beta ini disebutkan mendapat telah mendapat perbaikan dan perubahan minor dari segi tampilan.

Aplikasi BBM untuk Android dan iPhone memiliki fitur standar, sebatas mengirim pesan teks, voice note, gambar, membuat grup diskusi berisi 30 kontak. Ia belum memiliki fitur BBM Voice, BBM Video, dan BBM Screen Share, dan BBM Channel.

BBM nantinya hanya mau berjalan di ponsel dengan sistem operasi Android versi 4.0 ke atas dan iOS versi 6 ke atas.

Mungkin banyak yang bertanya, apa untungnya bagi BlackBerry dengan menjual platform ke kompetitor? Ataukah BlackBerry sengaja “bunuh diri?”

Melepas BBM ke platform lain merupakan strategi masa depan BlackBerry untuk memperkuat bisnis perangkat lunak. Perusahaan tak bisa selamanya bergantung pada bisnis perangkat kerasnya. Apalagi, pangsa pasar ponsel BlackBerry terus direbut para pesaingnya.
Meski digratiskan, BlackBerry mengaku telah merancang strategi bisnis untuk menghasilkan uang dari layanan BBM di Android dan iPhone.

Senior Director Marketing Asia Pacific BlackBerry, Krishnadeep Baruah, meyakini BBM akan meraih sukses dalam persaingan aplikasi pesan instan karena BBM memiliki sejumlah keunggulan yang tak dimiliki aplikasi sejenis.

“Kami sudah memiliki rencana untuk menghasilkan uang dari layanan BBM di Android dan iPhone. Itu semua sudah ada di roadmap kami,” kata Senior Director Marketing Asia Pacific BlackBerry Krishnadeep Baruah, dalam jumpa pers “BBM for Everyone” di Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Namun, Baruah enggan menjelaskan secara detail strategi macam apa yang akan dijalankan BlackBerry.

Tak menutup kemungkinan, BlackBerry akan meniru langkah aplikasi pesan instan lain, seperti Line dan KakaoTalk, yang menjual stiker atau item digital lainnya.

“Kami juga akan mengembangkan BBM Video, BBM Music, dan BBM Channels untuk Android dan iPhone,” tambahnya.

Pada tahap awal, BBM di Android dan iPhone memiliki fungsi standar untuk berkirim pesan teks, mengirim voice note dan video singkat, serta membuat grup diskusi. Pengguna Android dan iPhone juga dimungkinkan mengganti gambar profil atau status.

BBM untuk Android bisa diunduh di Play Store pada 21 September jam 18.00 WIB. Sementara di iPhone, BBM bisa diunduh di App Store pada 22 September jam 00.01 WIB. BBM lintas platform ini hanya dapat berjalan di perangkat yang memakai sistem operasi Android versi 4.0 ke atas dan iOS 6 ke atas.

Must read×

Top