Spesifikasi Dan Harga Nokia X Android

Spesifikasi Dan Harga Nokia X Android | Nokia X adalah smartphone terbaru yang memakai sistem operasi berbasis Android yang disebut sebagai X Platform AOSP (Android Operating System project).

Nokia X resmi diperkenalkan dalam ajang MWC di barcelona dengan harga Nokia X android yang ditawarkan cukup murah yaitu Rp. 1,4 juta. hanya saja menurut beberapa pihak spesifikasi Nokia X yang diusung memang terkesan nanggung. Penasaran seperti apa kelebihan dan kekurangan Nokia ? simak ulasan mengenai Spesifikasi Nokia X berikut ini:

Spesifikasi Nokia X

Desain ala Asha

Melihat sepintas body smartphone Nokia X maka yang terbesit dalam benak kita adalah aroma khas Nokia seri Asha dengan desin persegi panjang dengan sudut menyiku namun memiliki ornamen lengkung di bezelnya. Nokia Android ini menawarkan beragam pilihan warna yang fresh yaitu merah kuning hijau serta hitam. Nokia X mengusung layar dengan ukuran 4 inchi beresolusi 800×480 piksel atau setara WVGA dengan kerapatan layar mencapai 233 ppi. Layar yang digunakan berjenis LCD IPS (In Plane Switch) dengan lima titik sentuh. Desainnya cukup elegan dengan hadirnya sebuah tombol fisik home berupa Left narrow.

OS Nokia X platform AOSP

Setelah divisi smartphone Nokia dibeli Microsoft untuk digunakan sebagai monopoli Windows phone, tampaknya Nokia sangat berhati hati dalam mengembangkan ponsel Androidnya. Hal itu jelas terlihat dari tampilan Nokia X yang masih kental aroma Windows Phonenya. Yups, Nokia memang tidak serta merta mengadopsi Android secara full system. Spesifikasi nokia X di sistem operasi memang merupakan modifikasi dari Android 4.2 Jelly Bean yang disebut sebagai Nokia X Platform AOSP (Android Operating System Projek). maka tak heran jika kita tidak akan menemukan layanan Google yang terintegrasi di dalamnya seperti Play Store, Google Maps, Gmail, dll. Di Nokia X semua yang berbau Google digantikan oleh produk Nokia sendiri atau milik Microsoft seperti Nokia Maps here, Nokia Store, Ovi mail, Cloud dll. Tampilan antarmuka yang digunakan juga terlihat seperti Windows Phone. Nokia X mengandalkan fitur fastlane yaitu fitur yang emmudahkan pengguna untuk berpindah dari aplikasi satu ke lainnya. Fastlane juga akan menampilkan beragam informai yang terintegrasi dengan sosial media.

Spesifikasi Nokia X

Dapur pacu 

Jika kita bandingkan spesifikasi Nokia X dengan spesifikasi Android lain, tentu akan merasa kecewa. Sebab Nokia X terkesan “nanggung” dengan hanya menghadirkan prosesor dual core Qualcomm Snapdragon S4 berkecepatan 1 GHz, RAM yang digunakan juga masih 512 MB. Seperti kita ketahui bersama, Android 4.2 (basis android yang digunakan oleh Nokia X) merupakan salah satu versi yang cukup rakus memory sehingga diyakini Nokia X akan kurang responsif. Namun tenan saja, Nokia menggunakan framework yang berbeda sehingga tetap ringan menjalankan aplikasi.

Kamera 3 MP

Sebagai sebuah smartphone, nokia X juga dibekali dengan kamera untuk mengabadikan setiap momen penggunanya. Kamera sebesar 3 MP dismatkan dibagian belakang. hanya saja tidak terdapat fitur autofocus serta LED flash untuk membantu pencahayaan. Poin minus juga hadir karena tidak adanya kamera depan untuk fasilitas video chat ataupun foto selfie.

Fitur dan Konektivitas

Konektivitas Nokia X terbilang cukup lengkap dengan hadirnya dukungan dual SIM on GSM yang mampu berlari di jaringan 3G/HSDPA selain itu ada fitur Wifi juga. Meski tak mampu mendownload aplikasi secara resmi melalui Google Play Store, Nokia X diklaim mampu menginstall beragam aplikasi dari file mentah berekstensi .apk Untuk menopang seluruh spesifikasi Nokia X yang tak terlalu tinggi ini dibekalkan baterai berkapasitas 1500 mAh

Harga Nokia X

Nokia X kini sudah tersedia di Indonesia dan dibanderol dengan harga bervariasi. Dari hasil pantauan, harga Nokia X Juni 2014 cukup jatuh dengan harga awal Rp. 1,6 Juta (via retail) menjadi Rp. 1.299.000 saja. Meski demikian harga Nokia X cukup variatif tergantung warna dan lokasi penjualan. Untuk warna putih misalnya, masih dijual dengan harga tinggi Rp. 1.499.000. Namun untuk harga Nokia X bekas cukup jeblok yaitu Rp. 1.000.000 saja.

Kelebihan Nokia X

  • harga relatif murah
  • Tampilan UI serasa Windows phone menjadi cita rasa baru untuk sebuah android
  • fitur Fastlane
  • Dual SIM
  • Perpaduan aplikasi Windows Phone dan Android

Kekurangan Nokia X

  • Tanpa kamera depan
  • RAM 512 MB
  • prosesor usang
  • tak dapat menginstall aplikasi dari Play Store
Must read×

Top