Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Melalui Teknologi Digital

Hidup tanpa sebuah gadget dizaman yang serba canggih seperti sekarang ini, rasa-rasanya tidak akan ada orang yang sanggup untuk seperti itu. Pasalnya, kini sebuah gadget bisa dikatakan sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Dengan kata lain, sebagian besar dari kita memiliki ketergantungan hidup pada peranan sebuah gadget. Memang harus kita akui, bahwa kecanggihan gadget sudah banyak membantu kehidupan manusia dimuka bumi ini.

Berbicara soal komunikasi via digital, gadget berupa Komputer (CPU) juga selalu terdepan dan berperan sebagai perantara komunikasi antar sesama manusia. Dengan hadirnya sebuah gadget CPU, kita pun bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa dibatasi oleh jarak. Mungkin anda termasuk salahsatu orang yang sering berkomunikasi lewat digital dengan seseorang yang anda cintai. Misalkan saja anda sedang bertugas di daerah Sulawesi Selatan, sedangkan istri anda berada di kota Bandung, Jawa Barat. Seperti yang kita ketahui bahwa jarak Sulawesi Selatan ke kota Bandung sangatlah jauh. Namun berkat seringnya berkomunikasi lewat gadget, anda pun merasa berada dekat dengan sang istri.

Selain itu, ada kalanya juga anda merasa rindu akan kawan-kawan lama. Dengan demikian, andapun mulai berkomunikasi lewat gadget dengan mereka. Meskipun hanya berkomunikasi lewat dunia maya, namun komunikasi tersebut mampu menciptakan kehangatan dan kebersamaan anda dengan mereka. Terlepas dari semua hal itu, namun media digital juga memiliki beberapa kekurangan. Untuk mengetahui lebih jelas lagi tentang kekurangannya, dibawah ini akan mengulas seputar beberapa kelebihan dan kekurangan dari media digital :

Kelebihan Media Digital

  1. Memiliki jangkauan sinyal yang begitu luas dan kuat, yang memungkinkan anda untuk mendapatkan sinyal meski berada dipedalaman hutan.
  2. Tidak memiliki resiko banyak kerusakan, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi akan kinerjanya.
  3. Memiliki kanal informasi yang tak terbatas, sehingga anda bisa mendapatkan informasi dengan jumlah yang banyak.

Kekurangan Media Digital

  1. Anda harus dibuat repot karena kebutuhan transmisinya jauh lebih banyak.
  2. anda akan dibuat rumit karena rangkaian elektronika yang digunakan terbilang sangat komplex.

Selain tentang kelebihan dan kekurangan media digital, dibawah ini juga ada beberapa jenis komunikasi digital :

  1. e-mail

Electronic mail atau yang biasa kita sebut dengan nama e-mail, merupakan salahsatu aplikasi yang bertumpu pada jaringan internet, serta berfungsi untuk mengirimkan dan menerima berbagai data dan surat secara elektronik.

  1. Milis

Meskipun milis tidak setenar e-mail, namun milis juga termasuk sebagai salah satu layanan internet dan dikategorikan sebagai komunikasi digital.

  1. Facebook

Siapa yang tidak kenal dengan sosial media yang satu ini. facebook juga merupakan salahsatu aplikasi chating yang bertumpu pada jaringan internet.

Berbagai media komunikasi tersebut, tentu bisa menjadikan kebersamaan Anda bersama rekan, teman, saudara, maupun keluarga tetap terjalin melalui social media dan alat komunikasi lainnya. Hal tersebut tentu adalah salah satu hal yang membuat Anda lebih mudah untuk bercakap-cakap dengan orang meskipun terhalang oleh jarak.

Must read×

Top