4 Tips Ampuh Untuk Meningkatkan Sistem Keamanan Ponsel Android Anda

Banyaknya para pengguna ponsel android, berarti itu juga merupakan ladang subur bagi para hacker. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak jumlah hacker yang ada diseluruh dunia. Mereka pun kerap muncul melalui situs-situs online, yang pada akhirnya mampu meretas dan mengobrak-abrik data-data penting milik kita. Mengingat bahanya serangan para hacker, sangat diwajibkan bagi anda untuk mengamankan perangkat ponsel androidnya. Banyak orang yang memasang anti virus, untuk menghindari serangan-serangan hacker. Namun, pada kenyataannya anti virus tersebut bisa dikatakan kurang ampuh dalam mengamankannya. Lantas, langkah apa yang harus kita ambil untuk membuat android lebih aman lagi ? Berbicara soal tips aman menggunakan android, berikut dibawah ini ada 4 tips ampuh untuk meningkatkan sistem keamanan pada ponsel android :

  1. Jangan Sembarang Mengunduh Aplikasi

Untuk terhindar dari serangan hacker, sebaiknya anda jangan sembarang mengunduh aplikasi. Dalam hal ini disarankan bagi anda untuk mengunduh aplikasi dari situs-situs terpercaya seperti Google Play Store. Dengan selalu mengunduh aplikasi pada situs terpercaya, maka ponsel android anda akan terbebas dari serangan virus dan software hack.

  1. Matikan Wifi dan Bluetooth Apabila Tidak Diperlukan

Alangkah baiknya lagi jika anda mematikan Wifi dan Bluetooth, apabila memang tidak diperlukan. Pasalnya, hacker juga kerap menyusup dari Wifi dan Bluetooth yang masih dalam keadaan ON. Dengan mematikan Wifi dan Bluetooth saat tidak diperlukan, maka peluang para hacker untuk menyusup ke ponsel android anda akan tertutup.

  1. Mengunci Layar Ponsel Android

Salah satu cara paling mudah dalam mengamankan ponsel android dari serangan hacker, yakni dengan mengunci layar ponsel androidnya. Ada berbagai macam pola kunci seperti Pattern Lock, Pin, dan Password. Meski tidak bisa aman secara total, setidaknya akan jauh lebih aman dengan mengunci layar ketimbang tidak mengunci layar sama sekali. Demi memperkuat lagi sistem keamanannya, disarankan bagi anda untuk menggunakan kunci passcode.

  1. Pastikan Selalu Update OS

Perlu anda ketahui, bahwa pihak Google selalu meremajakan sistem keamanan pada ponsel android besutannya. Dengan selalu meng-update OS, maka OS anda akan memiliki fitur keamanan yang terbaru. Selain mendapatkan sistem keamanan terbaru, anda juga akan menikmati tampilan terbarunya.

Itulah 4 tips ampuh dalam meningkatkan sistem keamanan pada ponsel android milik anda. Akhir kata cukup sekian dan semoga bermanfaat.

Must read×

Top