Alibaba Heran Orang Indonesia Jualan di Medsos

Di Indonesia, media sosial kerap dimanfaatkan untuk tempat jual-beli. Hal itu jarang dilakukan oleh orang-orang di luar negeri. Hingga petinggi Alibaba heran dengan fenomena tersebut.

Ia berpikir, kenapa masyarakat Indonesia tidak jualan di situs e-commerce langsung alih-alih jualan di medsos.

“Menariknya ada sejumlah pengguna di Indonesia yang menggunakan media sosial. Memang itu tidak ideal ketika menggunakan metode e-commerce yang sudah ada karena ada sistem pembayaran, sudah terpercaya,” ungkap Vice President Alibaba Group Brian Wong di Alibaba Global Course, Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Selain itu, Brian juga mengungkapkan karakteristik Indonesia yang tidak ada di negara-negara lain, khususnya China, yakni soal pengiriman barang kepada konsumen. Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan memiliki masalah tersendiri dalam hal logistik.

“Karakteristik Indonesia itu yang tak ada di negara lain, yaitu sebagai negara kepulauan dengan lebih dari 17 ribu pulau. Isu logistik menjadi tantangan bagi e-commerce,” tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya teknologi, bisa menjadi jembatan bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan diri dari ekonomi tradisional menuju ekonomi digital.

“Harapannya dengan teknologi menjadi solusi menjembatani 17 ribu pulau dan membangun ekonomi baru (digital),” katanya.

Tags: #Alibaba #Ecommerce

Must read×

Top