Gak Perlu Jago Koding, Berikut Cara Membuat Web Jadi Aplikasi Android!

Tidak sedikit para pengguna smartphone android ingin membuat sebuah aplikasi sendiri. akan tetapi, membuat aplikasi tidaklah semudah itu. Seorang yang ahli dalam pembuatan aplikasi android saja membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menguasainya, diperlukan waktu untuk belajar yang tidak sebentar. Apalagi bagi seseorang yang tidak memiliki background sebagai pembuat aplikasi.

Namun, ada loh solusi bagi anda yang ingin membuat website tertentu menjadi sebuah aplikasi. Caranya sangatlah gampang dan terbilang instan, soalnya cukup dengan menggunakan aplikasi tertentu saja dan tidak membutuhkan skill koding atau programming.

Pasti anda penasaran bukan? Ini dia cara membuat web jadi aplikasi android tanpa menguasai kemampuan koding sama sekali. Simak dan coba anda terapkan ya.

  • Install lah aplikasi android bernama Firefox for Android Beta. Aplikasi ini bisa anda download secara gratis di google playstore. Spacenya pun terbilang tidak terlalu besar mengingat fungsinya yang begitu keren yaitu hanya sebesar 39 MB.
  • Setelah aplikasi Firefox for Android Beta terinstall di smartphone anda, silahkan buka aplikasi browser tersebut kemudian masukkan alamat website yang ingin anda jadikan sebuah aplikasi android.
  • Perlu anda ketahui, bahwa aplikasi ini hanya bisa mengubah website menjadi aplikasi android apabila website yang ingin anda ubah termasuk ke dalam golongan PWA (Progressive Web App).
  • Sebagai contoh website yang termasuk golongan Progressive Web App adalah Paperplanes.world, situs tersebut merupakan website yang menyediakan game online. dan pada cara membuat web jadi aplikasi android kali ini admin menggunakan website tersebut sebagai bahan uji cobanya.
  • Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan alamat dan mengakses website, lalu tekanlah ikon berbentuk rumah dengan tanda plus di sebelah kanan kolom untuk menambahkan website paperplanes.world ke homescreen smartpone anda.
  • Kemudian dilanjutkan dengan memilih sebuah pilihan bernama “+Add To Home Screen”.
  • Dan andapun berhasil membuat aplikasi android dari website yang anda gunakan tadi yaitu paperplanes.world. Tunggu beberapa saat supaya website yang diubah menjadi aplikasi bisa muncul di halaman awal atau homescreen ponsel anda.

Demikianlah cara membuat web jadi aplikasi android, sangat gampang kan? Meskipun hanya website tertentu saja yang bisa diubah menjadi aplikasi android, namun setidaknya anda bisa merubah website tersebut menjadi aplikasi sehingga lebih mudah untuk mengaksesnya.

Must read×

Top